Pernikahan Adat Sunda
Pernikahan memang salah satu upacara sakral yang diharapkan
sekali seumur hidup. Bentuk pernikahan banyak sekali macamnya dari yang paling
sederhana sampai yang paling lengkap karena memakai upacara adat suatu daerah
tertentu. Orang Indonesia jika menikah niscaya tidak pernah meninggalkan
adatnya. Kalau tidak mengikuti adat dari pengantin pria biasanya mengikuti adat
pengantin wanita. Inti dari pernikahan sejatinya sama yaitu ingin mendapat
restu dari orangtua dan masyarakat luas.
Banyaknya adat dan budaya di Indonesia, tentunya menjadikan
banyak pula macam prosesi pernikahan adat yang berbeda-beda. Seperti prosesi
pernikahan adat sunda ini, kekayaan budaya tatar sunda dapat kita lihat lewat
prosesi pernikahan adatnya yang diwarnai dengan humor namun tidak menghilangkan
nuansa sakral dan khidmat.
Dalam pernikahan adat sunda hampir sama dengan adat
pernikahan jawa dan daerah lainnya. Ada beberapa acara yang harus
dilakukan untuk melangsungkan pernikahan. Diawali dengan meminta izin kepada
kedua orangtua melalui pengajian. Dilanjutkan dengan siraman sampai
prosesi pernikahan. Bagi banyak orang sunda, tahap-tahap prosesi pernikahan
adat wajib untuk dilakukan.
Pernikahan Adat Sunda di Daerah Cisaga Ciamis
05 Mei 2016, di Cisaga, tepatnya di Cisaga kota persis di
seberang Mesjid Agung Cisaga, berlangsung sebuah pesta pernikahan antara dua
mempelai yang semuaya berasal dari Desa Cisaga. Setting menggunakan setting
Budaya Sunda. Upacara adat, termasuk pakaian pengantin adat sunda dikenakan
kedua mempelai beserta para kerabat dan panitia. Akad nikah dilakukan langsung
di Mesjid Agung Cisaga yang terhalang Jalan Raya Ciamis - Banjar dari tempat
belangsungnya pesta pernikahan. Gelaran Electone disajikan untuk
menambah semarak pesta pernikahan tersebut. Menjelang sore, Jalan Raya Ciamis -
Banjar masih cukup padat dilalui berbagai kendaraan, termasuk sebuah rombongan
tour wisata yang melintas dari arah Ciamis menuju Banjar. Kendaraan yang digunakan
jenis bis yang berhenti di Pertigaan Cisaga (Jalan pertigaan Ciamis - Banjar
dan Rancah). Rombongan turun dari bis dan berlajan menyusuri jalan Ciamis -
Banjar, melewati Kantor Desa Cisaga yang berseberangan dengan desa Alun-alun
Kecamatan Cisaga, dan kembali ke depan Mesjid Agung Cisaga tepatnya ke tempat resepsi
pernikahan berlangsung.
Prosesi Pernikahan Adat Sunda Sebelum Hari H
1. Neundeun Omong (Menyimpan Ucapan)
Pada prosesi pertama adalah pembicaraan antara kedua pihak
orang tua mempelai atau walinya yang dipercaya jadi menjadi utusan pihak pria
yang mempunyai rencana untuk mempersunting seorang wanita sunda.
Orang tua atau wali datang bersilaturahmi dan menyimpan
pesan bahwa kelak sang wanita akan dilamar. Sebelumnya orang tua masing-masing
memang telah membuat kesepakatan untuk menjodohkan atau sang pria dan wanitanya
sudah sepakat untuk mengikat janji dalam suatu ikatan pernikahan. Selanjutnya
orang tua pria datang sendiri atau menyuruh orang lain ke rumah sang wanita
untuk menyampaikan niatnya.
Intinya, neundeun omong (titip ucap, menaruh
perkataan atau menyimpan janji) yang mengharapkan sang wanita agar menjadi
menantunya. Dalam hal ini, orang tua atau wali membutuhkan kepandaian
berbicara, berbahasa dan penuh keramahan.
2. Narosan atau Nyeureuhan (Lamaran)
Prosesi melamar atau meminang ini adalah sebagai tindak
lanjut dari tahap pertama. Prosesi ini dilakukan orang tua calon pengantin
keluarga sunda dan keluarga dekat. Hampir mirip pada tahap pertama, bedanya
dalam lamaran, orang tua pria biasanya mendatangi calon besannyadengan membawa makanan
atau bingkisan kepada mempelai wanita dengan seadanya, membawa lamareun untuk pameungkeut yaitu
tali pengikat kepada calon pengantin wanitanya. Biasanya berupa uang,
seperangkat pakaian, semacam cincin pertunangan, sirih pinang komplit dan
lainnya. Selanjutnya, kedua pihak mulai membicarakan waktu dan hari yang
disepakati untuk melangsungkan pernikahan.
3. Tunangan
Prosesi pernikahan
adat sunda yang ketiga adalah prosesi patuker beubeur tameuh, secara
tradisional yaitu dilakukan penyerahan ikat pinggang warna pelangi atau polos
kepada sang wanita. Sedangkan secara modern pertukaran cincin mempelai pria dan
wanita biar keduanya saling terikat.
4. Seserahan (Nyandakeun)
Pada 3 – 7 hari sebelum pernikahan, calon pengantin pria
membawa uang, pakaian, perabot rumah tangga, perabot dapur, makanan dan
lain-lain.
5. Ngeuyeuk Seureuh
Ini adalah prosesi yang tidak wajib atau pilihan. Jika ngeuyeuk
seureuh tidak dilakukan, maka seserahan dilakukan sesaat sebelum akad
nikah. Tahap ini dilakukan sebagai berikut:
a. Dipimpin Pengeuyeuk.
b. Pengeuyek menyuruh kedua calon pengantin untuk
meminta ijin dan doa restu kepada kedua orang tua serta memberikan nasehat
melalui lambang-lambang atau benda yang disediakan berupa parawanten, pangradinan dan
sebagainya.
c. Diiringi lagu kidung oleh Pangeuyeuk.
d. Disawer beras, agar hidup sejahtera.
e. Dikeprak dengan sapu lidi disertai nasehat agar
memupuk kasih sayang dan rajin bekerja.
f. Membuka kain putih penutup Pengeuyeuk. Melambangkan
rumah tangga yang akan dibina masih bersih dan belum ternoda.
g. Membelah mayang jambe dan buah pinang oleh
calon pengantin pria. Mempunyai makna agar keduanya saling mengasihi dan bisa
menyesuaikan diri.
h. Menumbukkan alu ke dalam lumpang sebanyak
tiga kali oleh calon pengantin pria.
6. Membuat Lungkun
Saling hadapkan dua lembar sirih bertangkai. Digulung
menjadi satu memanjang. Diikat dengan benang kanteh. Diikuti kedua orang tua
dan para tamu yang hadir. Maknanya agar kelak rezeki yang didapat jika
berlebihan bisa dibagikan kepada saudara dan handai taulan.
7. Berebut Uang
Prosesi ini dilaksanakan di bawah tikar sambil disawer setelah
resepsi pernikahan. Bermakna berlomba-lomba dalam mencari rejeki dan disayang
keluarga.
Prosesi Pernikahan Adat Sunda Pada Hari H
Prosesi Upacara Pernikahan
a. Penjemputan Calon Pengantin Pria
Sebelum resepsi dimulai dilakukan penyambutan dari mempelai
wanita untuk menyambut mempelai pria. Dilakukan oleh utusan dari pihak wanita.
b. Ngabageakeun
Ibu calon pengantin wanita menyambut dengan mengalungkan
bunga melati kepada calon pengantin pria. Kemudian diapit oleh kedua orang tua
calon pengantin wanita untuk masuk menuju pelaminan.
c. Akad Nikah
Petugas KUA, para saksi dan pengantin pria telah berada di
tempat nikah. Kedua orang tua menjemput pengantin wanita dari kamar. Kemudian
didudukkan di sebelah kiri pengantin pria dan dikerudungi dengan tiung panjang,
yang bermakna penyatuan dua insan yang masih murni. Kerudung baru dibuka ketika
kedua mempelai akan menandatangani surat nikah.
d. Sungkeman
sungkeman dalam berbagai daerah dilakukukan dengan cara
berbeda – beda seperti masyarakat jawa, sungkuman dilakukan dengan cara
mempelai pria berjalan jongkok menuju kepada orang tua kedua mempelai untuk
meminta ampun dan meminta restu. Begitu juga di jawa barat khususnya didaerah
cisaga ciamis sungkeman dilakukan dengan cara berlutut dihadapan kepada kedua
orang tua untuk meminta restu dan meminta ampun.
e. Wejangan
Setelah akad nikah diberikan nasehat kepada kedua mempelai
agar rumah keduanya diberikan kebaikan dam dilaksanakan oleh ayah pengantin
wanita atau keluarganya.
f. Saweran
Kedua pengantin didudukkan di kursi. Sambil penyaweran,
pantun sawer dinyanyikan. Pantun mengandung petuah utusan orang tua
pengantin wanita. Kedua pengantin dipayungi dengan payung yang besar diselingi
taburan beras kuning atau kunyit ke atas payung.
g. Meuleum Harupat
Pengantin wanita menyalakan harupat dengan
lilin. Harupat disiram pengantin wanita dengan kendi air. Lalu harupat dipatahkan
oleh pengantin pria.
h. Nincak endog (Menginjak Telur)
Prosesi ini akan dilakukan setelah kedua mempelai melakukan
akad nikah. Nincak endog ini melambangkan kemampuan mempelai laki laki untuk
memberikan keturunan bagi generasi keluarga. Pengantin pria lah yang menginjak
telur dan elekan sampai pecah. Lantas kakinya dicuci dengan air bunga
dan dilap oleh pengantin wanita.
i. Muka Panto (Buka Pintu)
Diawali mengetuk pintu tiga kali. Lalu diadakan tanya jawab
dengan pantun bersahutan dari dalam dan luar pintu rumah. Setelah kalimat
syahadat dibacakan, pintu dibuka. Pengantin masuk menuju pelaminan.
Prosesi pernikahan adat sunda saat ini mulai disederhanakan,
melihat prosesinya yang begitu panjang dan melelahkan. Bahkan menurut sebagian
ulama, Prosesi pernikahan ini terlalu mubazir sebab ada prosesi menginjak telur
yang diibaratkan sangat tidak menghargai kreasi Yang Maha Kuasa. Namun adat
tetap saja adat, bagaimanapun bangsa ini tetap harus melestarikan adatnya
yang ada.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar